Jumat, 10 Juni 2016

Usaha Budidaya Telur Asin




Cara Membuat Telur Asin :
RENDAM TELUR MENTAH
Bahan berupa telur yang sudah siap direndam terlebih dahulu dengan air selama kurang lebih 2 menit, dari sini akan muncul telur yang mengambang. Telur yang mengambang ini menandakan bahwa telurnya jelek dan tidak layak dijadikan telur asin.  Telur tersebut dibuang saja , setelah direndam kemudian di cuci hingga bersih sampai bersih permukaan cangkang dari telur agar jadi bersih dan tidak ada kotoran yang menempel di kulit telur.
TIRISKAN TELUR
Tiriskan telur telur bagus tersebut lalu keringkan dengan cara di lap dengan kain atau handuk khusus. Bisa dengan kipas aingin tetapi mungkin pengeringannya kurang maksimal jadi lebih bagus di lap satu persatu sambil memeriksa lagi apakah ada te;ur yang rusak untuk dipisahkan lagi jika menemukan.`
Selanjutnya ada dua opsi sebenarnya, jika menggunakan bubuk bata dan tanpa bubuk bata:
DENGAN BUBUK BATU BATA
Telur dibungkus dengan adonan bubuk batu bata dan garam. Campurkan garam dan bubuk batu bata lalu berikan air secukupnya  dan aduk hingga mendapatkan adonan yang lembek seperti pasta. Kemudian telur tersebut dibungkus dengan adonan disekelilingnya sehingga menyerupai bulatan seperti bola dengan ketebalan kira-kira 2cm. Kemudian simpan dalam waktu sekitar 2 mingguan. Lebih lama juga boleh untuk mendapatkan telur yang lebih awet dan lebih asin.
TANPA BUBUK BATU BATA
Telur akan direndam didalam larutan air garam selama beberapa hari, perkiraan untuk mendapatkan telur yang bagus minimal sekitar 2 minggu untuk merendam telur telur tersebut. Siapkan wadah berupa baskom atau ember lalu masukkan air hangat dan garam ke dalamnya. Maksud penggunaan air hangat adalah supaya garam lebih cepat larus dari pada menggunakan air dingin.
Biarkan larutan tersebut beberapa saat sampai air menjadi dingin, masukkan air larutan ke dalam baskom atau ember lain yang berisi telur bebek. Untuk mendapatkan air hasil yang baik maka usahakan semua telur terendam dalam air dan jangan ada yang mengambang. Bisa diberikan pemberat diatasnya untuk menahan telur agar tidak mengambang (masa jenis air garam lebih tinggi dari telur jadi kemungkinan telur akan naik ke permukaan). Gunakan pemberat yang lembut seperti kantong berisi air yang tidak akan membuat telur terhimpit terlalu keras yang dapat menyebabkan retak dan rusak.
PROSES PEREBUSAN
Jika menggunakan metode bubuk batu bata maka telur terlebih dahulu dibersihkan dari bungkusan batu batu baru kemudian direbus. Untuk telur yang direndam larutan garam bisa langusng diambil untuk direbus. Perhatikan untuk proses ini, gunakan api yang kecil atau sedang untuk proses perebusan agar air tidak mendidih dan mengeluarkan gejolak karena dapat menyebabkan telur bergerak dan saling beradu. Ini dapat membuat telur rusak pecah atau rusah. Cukup dengan api kecil dan rebus dalam waktu 1 – 1,5 jam.
Setelah itu angkat telur asin dan tiriskan, telur telur ini sudah matang dan siap untuk dimakan atau dijajakan.
————–
Ada beberapa orang yang merendam telur lebih lama, hal ini dilakukan untuk mendapatkan te;ur asin yang lebih tahan lama (awet). Waktu 3 minggu sudah cukup lama untuk melakukan perendaman, jika Anda tidak terburu-buru tentu bisa mencoba untuk merendamnya lebih lama. Tapi jika tidak maka cukup gunakan waktu normal saja.

Perhitungan modal (Update)
KeperluanJumlahRupiah
Telur Bebek Mentah (1.500/butir)200 butir300.000
Bubuk Bata Halus (25.000/kg)2 kg50.000
Garam (5.000/kg)5 kg25.000
Bumbu (20.000/kg)5kg100.000
Lain – lain50.000
Total Biaya525.000
Telur asin yang sudah jadi dan siap dijual bisa dijual dengan harga paling minim 3000 (jika partai besar seperti Budhe yang kelasnya agen mungkin bisa kurang sedikit). Sementara untuk penjual biasa seperti mas Agus bisa menjual dengan harga 3500 perbutirnya.
Pedagang rata rata menjual telur asin dengan harga 3000/butir. Kita akan hitung total hasil penjualan untuk 200 telur asin yang telah jadi
200 (butir) x 3000 = 600000
Keuntungan yang didapat dari penjualan 200 butir telur asin adalah 600.000 – 525.000 = 75.000. Jika setiap harinya bisa menghabiskan 200 butir maka dalam kurun waktu 30 hari pendapatan keuntungannya adalah 30 x 75.000 = 2.250.000
Ini perhitungan menurut asumsi saya pribadi dan mungkin terdapat ketidaksesuaian daftar harga yang tertulis dengan harga masing-masing bahan real hari ini.
Bagaimana? Sudah siap memproduksi telur asin sendiri? Silahkan dicoba resep cara pembuatan telur asin diatas. Dan mulailah bisnis telur asin Anda sendiri. Selamat mencoba dan salam Sukses…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar